MENULISLAH SETIAP HARI

 Resume  Ke     : 1 (Satu)

Gelombang        : 31

Hari/Tanggal      :  Rabu, 22 April 2024

Tema                 : " MENULISLAH SETIAP HARI "

Nara Sumber     : DR. Wijaya Kesumah, M.Pd



Assalamu'alaikum warahmatullahiwabarokatuh, 

Selamat malam teman blogger.

Malam ini adalah hari pertama saya mengikuti kegiatan belajar di KBMN PGRI 31. dengan nara sumber bapak Dr. Wijaya kesumah, M.Pd (Om Jay ).

Malam ini, kita belajar untuk menyelami kebiasaan menulis setiap hari, dan bagaimana kiat-kiat untuk memulainya, dan bagaimana kebiasaan ini dapat membuka pintu menuju berbagai peluang.

Untuk memulai  menulis, cobalah memulai dari 3 alinea, yaitu : 1. Alinea pembukaan, 2. Alinea isi tulisan, 3. Alinea penutupan. ini merupakan mantra awal dari Om Jay  untuk membuat sebuah tulisan.

Contoh Alinea pembukaan

Alhamdulillah malam ini kita bisa bertemu dengan kawan-kawan dari Aceh hingga Papua. Kita belajar menulis lewat aplikasi WhatsApp group kbmn PGRI gelombang 31.

Contoh alinea isi tulisan.

Tulisan ini sebenarnya sederhana saja. Omjay membagikan ilmu dan pengalamannya menulis setiap hari. Omjay menjadikan menulis dan membaca sebagai sebuah kebutuhan. Sama halnya dengan makan dan minum. Bila tak membaca Omjay terasa haus dan bila tak menulis Omjay terasa lapar. Semua itu Omjay tuliskan setiap hari di blog keroyokan https://kompasiana.com/wijayalabs.

Contoh Alinea penutupan.

Demikianlah sedikit kisah Omjay dalam menulis setiap hari. Omjay bersedekah setiap hari lewat tulisan. Alhamdulillah banyak yang membaca. Omjay pun mendapatkan pahala dari Allah SWT. Pesan Omjay menulis lah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi.

Dengan menggabungkan ketiga alenia tersebut dapat mempermudah kita untuk membuat sebah tulisan.  "Jadi menulis itu sangat mudah bahkan lebih mudah dari membuat ceplok telor" menurut Om Jay.

Tentu semua itu perlu banyak latihan menulis setiap hari dan Omjay menggunakan blog pribadi sebagai alat rekam yang ajaib untuk berlatih menulis di https://blogger.com

Untuk bisa menulis setiap hari, maka kita harus menjaga konsistensi dan berusaha komitmen dalam diri untuk berjanji menulis setiap hari. Minimal kita menulis dan membaca tulisan orang lain. Kita tinggalkan jejak dengan cara menuliskan komentar. Itulah mengapa blog walking atau saling berkunjung ke blog orang lain sangat diperlukan bila ingin blog kita ramai pembacanya.

Isi tulisan bisa kita kembangkan dengan rumus menulis reportase yaitu 5w plus 1H

What   : Apa

Who  :  Siapa

When  :  Kapan

Where : Dimana

Why  : Mengapa

How :  Bagaimana

Dengan rumus sederhana tersebut kita tak akan pernah kehilangan ide salam menulis setiap hari.

Jadi kalau mau jujur, kerangka tulisan Omjay sebenarnya sangat sederhana sekali.

1. Judul 

2. Pembukaan

3. Isi tulisan ; Apa, Siapa, Kapan, Dimana, Mengapa, Bagaimana 

4. Penutup 

Demikianlah kisah Omjay hari ini.


Pertanyaan 1 :

Nama: Harsen

Daerah Asal: Brebes, Jawa Tengah

Pertanyaan:

Berapa minimal jumlah kata pada setiap resume nya? 

Terima kasih

Jawaban dari Om Jay : " Bebas saja, minimal 500 kata agar terbiasa menulis, Bila bisa dikembangkan 6 paragraf, setiapa paragraf terdiri dari 100 kata, maka akan menjadi 600 kata. Om jay yakin peserta dapat menulis lebih dari 500 kata".


Pertanyaan 2 :

Nama  : Prasetyaningsih 

Daerah Asal: Jakarta 

Pertanyaan :

Selamat malam, Om Jay. Izin bertanya, beberapa waktu belakangan saya lebih fokus menulis fiksi, yang tentunya dari segi bahasa lebih luwes tidak harus baku. Dalam penulisan artikel/opini, apakah masih memungkinkan ada kata tidak baku dalam tulisan itu? Atau ada gaya bahasa seperti apa yang  bisa menarik banyak pembaca? Terima kasih atas jawabannya, Om Jay 

Jawaban dari Om Jay : "Supaya artikel mudah di pahami pembaca, Om jay lebih suka menulis kisah nyata atau kisah Om Jay sendiri karena lebih mudah untuk menulisnya. Kalau kisah fiksi/fantasi itu butuh hayalan yang akhirnyan membuat pembaca tahu alur ceritanya, sehingga penulis harus memperkaya diri dengan banyak membaca."

Pertanyaan 3 :

Nama  : Agung Pramono

Daerah Asal: Tangerang Selatan

Pertanyaan : Dalam menulis setiap hari, pasti ada rasa malas atau ada kegiatan yang membuat menulis terganggu. Bagaimana cara mengatasi hal tersebut?

Jawaban dari Om Jay : "Pak agung Pramono harus menjadikan menulis sebagai sebuah kebutuhan sehingga rasa malas itu akan hilang. Sebab bapak akan terasa lapar bila tak menulis dan akan terasa haus bila tak membaca. Bapak harus mampu mengalahkan diri sendiri. Awalnya mungkin pemaksaan lama-lama jadi kebiasaan".


Pertanyaan 4 :

Nama: Naili 

Derah asal: Tegal 

Pertanyaan: Bagaimana cara kita agar bisa mudah menemukan ide atau tema yang akan kita tulis agar membuat pembaca tertarik untuk membaca tulisan kita. Terimakasih

Jawaban dari Om Jay : "Ide menulis banyak disekitar kita, jadi anda akan bisa menulis ketika anda banyak membaca. Ide menulis itu bisa dari apa yang kita lihat, kita baca, dan kita rasakan. Gunakan pancaindera kita untuk menulis. Om jay biasa menulis dari sebuah foto/gambar.

Penutup dari Om Jay

Kegiatan menulis setiap hari adalah kegiatan yang dapat dilakukan oleh semua orang asalkan kita rajin membaca setiap hari. Orang bisa menulis karena dia rajin membaca tulisan orang lain. Jangan berharap menjadi seorang penulis kalau kita belum bisa menjadi pembaca yang baik. Menulis dan membaca adalah dua buah kegiatan yang tidak bisa dipisahkan seperti pasangan kekasih Romeo dan Juliet.

Menulis setiap hari bagaikan membuka pintu gerbang menuju berbagai peluang. Ini adalah kebiasaan yang dapat mengantarkan kita pada kesuksesan, baik dalam hal menulis itu sendiri maupun dalam berbagai aspek kehidupan lainnya. Mari kita jadikan momen ini sebagai titik awal untuk memulai kebiasaan menulis setiap hari. Ingatlah, konsistensi adalah kunci. Luangkan waktu minimal 15-30 menit setiap hari untuk menulis, apa pun itu. 

Tuangkan ide-ide Anda, ceritakan kisah Anda, bagikan pemikiran Anda. Seiring berjalannya waktu, Anda akan merasakan manfaat luar biasa dari kebiasaan ini.


Demikianlah teman Blogger paparan materi kegiatan KBMN PGRI 31 malam ini. semoga bisa bermanfaat untuk kita semua.


wassalamu'alaikum warohmatullahiwabarokatuh.

salam dari saya "Eka Fitria"


Komentar

  1. Mantap yuk Eka, semangaat berbagi ilmunyaa

    BalasHapus
  2. Resumenya lengkap..sukses selalu buk eka

    BalasHapus
  3. Resumenya lengkap dan bagus. Mantap 👍

    BalasHapus
  4. Keren ulasannya, semangat menulis dan berkarya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LKPD GELOMBANG BERJALAN DAN STASIONER FISIKA KELAS XI

Menulis Artikel di PMM