LANGKAH MENYUSUN BUKU SECARA SISTEMATIS

 


KBMN PGRI 31, Pertemuan ke-16

Nara Sumber : Yulius Roma Patandean, M.Pd.


Assalamu'alakum Wr.Wb.

Salam Literasi Sahabat Nusantara.

Kegiatan KBMN PGRI 31 hari ini dengan materi "Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis". Bersama nara sumber Bapak Yulius Roma Patandean, M.Pd. dan Moderator Ibu Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd. Kegiatan kita pada hari ini dilakukan melalui zoom.

Bapak/Ibu penulis dan penggiat literasi. 

Bagaimana sebuah buku itu nyaman dibaca? Kadang membacanya seolah kita melahap sajian yang membangkitkan selera. Bahasanya, kajian, dan materinya runtut dan sistematis. 

Apakah ada triknya menyusun buku seperti itu? 

Ooh tentun ada. 

Mau tahuuu... 

Hmmm masuk kelas dulu doong. 

Malam ini .. Dont forget...

Jangan dilewatkan... 

Untuk bisa menulis sebuah buku solo kita harus mempunyai bahannya terlebih dahulu sebelum kita menulisnya. Bahannya dapat kita bisa membuat naskahnya terlebih dahulu yang bisa kita ambil dari kumpulan resume dari kelas menulis KBMN yang telah kita buat. Bisa juga dari hasil penelitian kita, atau karya tulis lainnya yang telah siap untuk di jadikan buku.

Setelah kita membuat naskah tulisan/calon buku yang akan di terbitkan kita harus menyusun dan mengeditnya terlebih dahulu. Kita tidak perlu terburu-buru untuk membawa tulisan kita ke penerbit. Jika kita belum bisa mengeditnya sendiri, maka kita perlu menguasai hal yang satu ini, yaitu bagaimana langkah menyusun  buku secara sistematis.

Mengapa ini di perlukan?  Jawabannya adalah dengan langkah menyusun buku secara sistematis akan sangat memudahkan kita dalam proses penulisan dan penerbitan sebuah buku.

Bila naskah buku kita sudah tersusun dengan baik, sangat memudahkan kita untuk menyusunnya.  Dalam proses penulisannya/pengeditannya kita bisa dengan mudah untuk menambahkan ataupu mengurangi naskah tulisan kita, bila di perlukan untuk mengubah  naskah jika dianggap tidak sesuai dengan tema yang dibuat kita dapat dengan cepat untuk merevisinya.

Bagaimana cara belajar sistematika tulisannya?

Jika kalian mengenal beberapa aplikasi menulis, maka kalian dapat menggunakannya sesuai dengan aplikasi yang bisa kalian pakai untuk membuat naskah buku tersusun secara sistematis. Aplikasinya antara lain yang bisa di gunakan adalah Mandeley, Zotero atau pun bisa menggunakan aplikasi yang ada di microsoft word.

Pak Yulius Roma memberikan alternatif dengan menggunakan fitur-fitur Ms Word. Yang biasa kita gunakan untuk menulis, dan kita dapat langsung mempraktikkannya secara offline alias tanpa jaringan internet dan aplikasi ini sudah familiar dan biasa kita gunakan. Tingggal kita memaksimalkan saja penggunaan fitur-fitur yang ada. 

 

Pak Roma menyampaikan cara membuat judul, bab, dan sub judul secara otomatis. 

Berikut langkah-langkahnya :

  • Buka ms words, siapkan format A5 untuk buku di page layout.
  • Pilih/setting margin yang akan Anda gunakan.
  • Ketikkan judul utama, kata pengantar, pengantar, daftar isi, bab 1 dan seterusnya, indeks, daftar pustaka, dan tentang penulis. Letakkan bagian-bagian ini masing-masing pada awal halaman.

·      Untuk bab 1, 2, dan seterusnya biasanya terdapat sub judul dan sub judul.  Anda bisa menuliskan di bawahnya.

·      Untuk poin nomor (3), kita awali dengan mengeblok kata pengantar. Buka home, jadikan heading 1. Klik kanan pilih modify. Kita bisa memodifikasi tulisan, Pilih ukuran font 14, blok hitam, dan tempatkan di tengah.  Lakukan hal yang sama pada pengantar, daftar isi, dan sampai tentang penulis.



·    Untuk sub judul, kita blok, lalu jadikan heading 2.  Untuk sub-sub judul jadikan heading 3.  Langkah selanjutnya pilih ukuran font 12, blok hitam, lalu atur posisinya.

·        Untuk membuat daftar isi, kita letakkan kursor di bawah daftar isi.  Lalu klik references, dan pilih table of content.  Hasilnya, dalam sekejap daftar isi sudah tersusun rapi.



Membuat daftar isi,kutipan, indeks, dan daftar pustaka otomatis bisa buka references, pilih insert citation, pilih add new source... muncul tampilan berikut, isi type of source dg klik panah kita pilih jenis kutipan yang akan di ambil.lalu klik style untuk memilih jenis style kutipan, dan klik Bibliography untuk memunculkan daftar pustaka secara otomatis.

 


Bapak Yulius Roma Patandean melakukan langkah-langkah ini dalam mengedit  dan menerbitkan bukunya. Begitu juga ketika orang meminta nya untuk membantu dalam editor buku atau karya tulis yang akan di terbitkan.

Bila naskah buku kita telah tersusun dengan baik, maka kerja tim editor di percetakan pun akan lebih ringan. Jika kita menjadi editor sendiri dari naskah buku ataupun karya tulis yang akan di terbitkan akan sangat memberikan banyak keuntungan untuk kita, sebab naskah buku kita akan lebih cepat prosesnya dan sesuai dengan keinginan kita.  Langkah-langkah ini bisa kita terapkan untuk penulisan yang lain seperti PTK atau best practise, skripsi, tesis dan lainnya.  

Maka dari itu,  ayoo kita buka laptop/PC kita untuk mempraktikkan ilmu dari Pak Yuius Roma menuju buku solo Anda! 

Terimakasi kepada bpk nara sumber yang telah memberikan materinya. semoga bermanfaat untuk kita semua.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.


Dokumentasi Kegiatan


link YouTube : https://www.youtube.com/watch?v=edb7Z3rnBQQ


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LKPD GELOMBANG BERJALAN DAN STASIONER FISIKA KELAS XI

MENULISLAH SETIAP HARI

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1