LANGKAH MENYUSUN BUKU SECARA SISTEMATIS
KBMN PGRI 31, Pertemuan ke-16
Nara Sumber : Yulius Roma Patandean, M.Pd.
Assalamu'alakum Wr.Wb.
Salam Literasi Sahabat Nusantara.
Kegiatan KBMN PGRI 31 hari ini dengan materi "Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis". Bersama nara sumber Bapak Yulius Roma Patandean, M.Pd. dan Moderator Ibu Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd. Kegiatan kita pada hari ini dilakukan melalui zoom.
Bapak/Ibu penulis dan penggiat literasi.
Bagaimana sebuah buku itu nyaman dibaca? Kadang membacanya seolah kita melahap sajian yang membangkitkan selera. Bahasanya, kajian, dan materinya runtut dan sistematis.
Apakah ada triknya menyusun buku seperti itu?
Ooh tentun ada.
Mau tahuuu...
Hmmm masuk kelas dulu doong.
Malam ini .. Dont forget...
Jangan dilewatkan...
Untuk bisa menulis sebuah
buku solo kita harus mempunyai bahannya terlebih dahulu sebelum kita menulisnya.
Bahannya dapat kita bisa membuat naskahnya terlebih dahulu yang bisa kita ambil
dari kumpulan resume dari kelas menulis KBMN yang telah kita buat. Bisa juga
dari hasil penelitian kita, atau karya tulis lainnya yang telah siap untuk di
jadikan buku.
Setelah kita membuat naskah
tulisan/calon buku yang akan di terbitkan kita harus menyusun dan mengeditnya
terlebih dahulu. Kita tidak perlu terburu-buru untuk membawa tulisan kita ke
penerbit. Jika kita belum bisa mengeditnya sendiri, maka kita perlu menguasai
hal yang satu ini, yaitu bagaimana langkah menyusun buku secara
sistematis.
Mengapa ini di perlukan? Jawabannya adalah dengan langkah menyusun buku secara sistematis akan sangat memudahkan kita dalam proses penulisan dan penerbitan sebuah buku.
Bila naskah buku kita sudah
tersusun dengan baik, sangat memudahkan kita untuk menyusunnya. Dalam
proses penulisannya/pengeditannya kita bisa dengan mudah untuk menambahkan
ataupu mengurangi naskah tulisan kita, bila di perlukan untuk mengubah naskah jika dianggap tidak sesuai dengan tema yang
dibuat kita dapat dengan cepat untuk merevisinya.
Bagaimana cara belajar
sistematika tulisannya?
Jika kalian mengenal beberapa
aplikasi menulis, maka kalian dapat menggunakannya sesuai dengan aplikasi yang
bisa kalian pakai untuk membuat naskah buku tersusun secara sistematis. Aplikasinya
antara lain yang bisa di gunakan adalah Mandeley, Zotero atau pun bisa
menggunakan aplikasi yang ada di microsoft word.
Pak Yulius Roma memberikan
alternatif dengan menggunakan fitur-fitur Ms Word. Yang biasa kita gunakan
untuk menulis, dan kita dapat langsung mempraktikkannya secara offline alias
tanpa jaringan internet dan aplikasi ini sudah familiar dan biasa kita gunakan.
Tingggal kita memaksimalkan saja penggunaan fitur-fitur yang ada.
Pak Roma menyampaikan cara
membuat judul, bab, dan sub judul secara otomatis.
Berikut
langkah-langkahnya :
- Buka ms words, siapkan format A5 untuk buku di page layout.
- Pilih/setting margin yang akan Anda
gunakan.
- Ketikkan judul utama, kata pengantar,
pengantar, daftar isi, bab 1 dan seterusnya, indeks, daftar pustaka,
dan tentang penulis. Letakkan bagian-bagian ini masing-masing pada awal
halaman.
· Untuk bab 1, 2, dan seterusnya biasanya
terdapat sub judul dan sub judul. Anda bisa menuliskan di bawahnya.
· Untuk poin nomor (3), kita awali dengan
mengeblok kata pengantar. Buka home, jadikan heading 1. Klik kanan pilih
modify. Kita bisa memodifikasi tulisan, Pilih ukuran font 14, blok hitam,
dan tempatkan di tengah. Lakukan hal yang sama pada pengantar, daftar
isi, dan sampai tentang penulis.
·
Untuk membuat daftar isi, kita letakkan
kursor di bawah daftar isi. Lalu klik references, dan pilih table of
content. Hasilnya, dalam sekejap daftar isi sudah tersusun rapi.
Bapak Yulius Roma Patandean melakukan langkah-langkah ini dalam mengedit dan menerbitkan bukunya. Begitu juga ketika orang meminta nya untuk membantu dalam editor buku atau karya tulis yang akan di terbitkan.
Bila naskah buku kita telah tersusun dengan baik, maka kerja tim editor di percetakan pun akan lebih ringan. Jika kita menjadi editor sendiri dari naskah buku ataupun karya tulis yang akan di terbitkan akan sangat memberikan banyak keuntungan untuk kita, sebab naskah buku kita akan lebih cepat prosesnya dan sesuai dengan keinginan kita. Langkah-langkah ini bisa kita terapkan untuk penulisan yang lain seperti PTK atau best practise, skripsi, tesis dan lainnya.
Maka dari itu, ayoo kita buka laptop/PC kita untuk mempraktikkan ilmu dari Pak Yuius Roma menuju buku solo Anda!
Terimakasi kepada bpk nara sumber yang telah memberikan materinya. semoga bermanfaat untuk kita semua.
Wassalamu'alaikum Wr.Wb.
Dokumentasi Kegiatan
Mantap bgt
BalasHapus