Wujudkan Merdeka Belajar : Pemanfaatan Buku Digital dalam Pembelajaran




https://www.youtube.com/live/OFOK0lzzd8Y?si=6nmHv59Mc3bFwWv1

KBMN PGRI 31, Pertemuan ke-17

Nara Sumber : Nur Dwi Yanti, M.Pd.


Assalamu'alakum Wr.Wb.

Salam Literasi Sahabat Nusantara.

Kegiatan KBMN PGRI 31 hari ini dengan materi "Langkah Menyusun Buku Secara Sistematis". Bersama nara sumber Ibu Nur Dwi Yanti, M.Pd. dan Moderator Ibu Raliyanti Kegiatan kita pada hari ini dilakukan melalui zoom.

Bapak/Ibu penulis dan penggiat literasi. 

Saat ini siapa yang tak kenal dengan dunia digital. Dunia digital telah menjadi bagian dari hari- hari kita. Tua, muda, semua akrab dan tak bisa lepas dari digital. Dalam kepenulisan Era paper mode telah tergantikan dengan era digital. E-book atau Buku Digital, menjawab tantangan era sekarang. Anda mungkin salah satu peminat buku digital ini. 

Bagaimana menjadikan kita dari peminat buku digital menjadi penulis dan kreator buku digital? 

Kelas malam ini hadir untuk menjawab tantangan saat ini. Hadiri dan masuk kelas virtual by zoom malam ini. Bersama pakar IT, yang akan menjawab segala tanya kita tentang Wujudkankan Merdeka Belajar: Pemanfaatan Buku Digital dalam Pembelajaran

Wujudkan Merdeka Belajar: Pemanfaatan Buku Digital dalam Pembelajaran

Merdeka Belajar: Sebuah Konsep Pembelajaran Baru Memerdekakan guru dan siswa dari berbagai peraturan dan beban administrasi yang selama ini dianggap menghambat proses belajar mengajar. Kebijakan ini diluncurkan pada tahun 2020 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, dengan tujuan untuk mewujudkan pembelajaran yang lebih bermakna dan sesuai dengan kebutuhan individu siswa.

Buku Digital: Peluang Baru untuk Pembelajaran yang Lebih Efektif

Keunggulan Buku Digital Dibandingkan Buku Cetak:

  • Lebih praktis dan mudah dibawa
  • Lebih interaktif
  • Lebih murah
  • Lebih ramah lingkungan
  • Dapat diperbarui Lebih mudah diakses

Jenis-jenis Buku Digital:

  • e-book : Buku digital yang diformat dalam bentuk file elektronik, seperti PDF, EPUB, atau MOBI. Audiobook : Buku digital yang disajikan dalam format audio, sehingga siswa dapat mendengarkannya tanpa harus membaca.
  • EBook Interaktif : Buku digital yang dilengkapi dengan fitur interaktif seperti video, animasi, dan game edukasi.
  • Educational Apps : Aplikasi edukasi yang berisi materi pembelajaran dalam format digital

Memanfaatkan Buku Digital untuk Pembelajaran yang Inklusif dan Berdiferensiasi:

  • Gunakan buku digital yang tersedia dalam berbagai format
  • Gunakan buku digital yang dilengkapi dengan fiturfitur aksesibilitas
  • Memberikan tugas dan kegiatan belajar yang beragam
  • Berikan dukungan dan bimbingan individu kepada siswa

 

Buku digital apa saja yang dapat diakses gratis di Indonesia

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) Perpusnas menyediakan layanan iPusnas yang memungkinkan pengguna mengakses buku digital secara gratis. Kemendikbud RI menyediakan platform Merdeka Mengajar yang menyediakan berbagai sumber belajar digital gratis, termasuk buku digital. Koleksi buku digital di Merdeka Mengajar terdiri dari buku-buku kurikulum untuk tingkat SD, SMP, SMA, dan SMK. Pengguna dapat mengakses Merdeka Mengajar melalui website atau aplikasi di smartphone.



Aplikasi mebuat E Book

1.        PDF

PDF menjadi format ebook yang paling umum digunakan. Apalagi jika Anda membuka situs web apapun yang menawarkan ebook gratis. Umumnya Anda akan mendapatkannya dalam bentuk PDF. Hal ini karena sebagian besar komputer dan smartphone bisa membuka file PDF dengan pembaca PDF yang sebelumnya sudah terpasang pada masing-masing perangkat. Maka itulah sebabnya PDF ini menjadi aplikasi membuat ebook dan tentunya aplikasi ini juga gratis.

2.        Google Docs

Melalui Google Docs, Anda bisa membuat ebook secara gratis dan menyimpan file dalam bentuk ePUB. Namun, Anda harus online untuk menyimpan atau mendownload tulisan tersebut, baik file pdf, epub, atau word. Bahkan Anda bisa menambahkan editor dan melacak pengeditan serta komentar secara real time

Membangun Mimpi: Membuat Buku Digital untuk Menunjang Pembelajaran

1.   Konten yang Menarik dan Bermakna,

  • Gabungkan teks, gambar, dan multimedia, sisipkan ilustrasi, foto, video, atau audio untuk membuat konten yang lebih menarik dan interaktif. Gaya bahasa yang lugas :
  • Gunakan bahasa yang mudah dimengerti siswa namun tetap informatif dan sesuai jenjang pendidikan. 

 2. Platform Pemilihan.  

    FLatform gratis : Beberapa platform gratis untuk membuat buku digital seperti Canva, Book     Creator, atau Google Slides. Opsi ini ramah di kantong namun fungsinya mungkin terbatas.     Platform berbayar : Platform berbayar seperti iSpring Suite, Adobe Captivate, atau E-book     Maker menawarkan fitur-fitur yang lebih lengkap seperti template interaktif, pembaca             analitik, dan penerbitan ke berbagai format.

3. Desain dan Antarmuka Pengguna. Tata letak yang rapi : Atur teks, gambar, dan multimedia     dengan rapi dan memperhatikan estetika untuk memudahkan pembaca dalam memahami       isi buku. Gunakan font yang mudah dibaca : Pilih font yang jelas dan ukuran yang sesuai        untuk kenyamanan membaca di layar digital. Navigasi yang mudah : Pastikan struktur buku     digital mudah diakses dan dinavigasi, seperti adanya daftar isi dan penanda halaman.

4. 4. Uji Coba dan Revisi. Minta umpan balik, lakukan uji coba buku digital dengan beberapa          siswa untuk mendapatkan masukan tentang konten, desain, dan kemudahan penggunaan.    Revisi dan perbaiki. Berdasarkan umpan balik, lakukan revisi dan perbaikan untuk       meningkatkan kualitas buku digital Anda.


Terimakasi kepada  nara sumber yang telah memberikan materinya . semoga bermanfaat untuk kita semua.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LKPD GELOMBANG BERJALAN DAN STASIONER FISIKA KELAS XI

MENULISLAH SETIAP HARI

Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1